WELCOME TO MY BLOG

Final keenam Jerman  

Jumat, 27 Juni 2008


BASEL - Jerman menjadi pemilik gelar juara Euro terbanyak. Sejak digelar pertama kali 1960, Jerman sudah tiga kali menjadi juara dan lima kali tembus babak final. Catatan itu kini berubah, setelah Jerman memastikan diri melaju ke laga pamungkas Euro 2008.
Der Panzer menyudahi perlawanan Turki 3-2, setelah Philipp Lahm mencetak gol penentu kemenangan di menit akhir pertandingan.
Jerman pertama kali menjadi jawara Eropa pada 1972, di Euro Belgia. Ketika itu masih bernama Jerman Barat, dan mengalahkan Uni Sovyet 3-0 di laga final.
Empat tahun berselang, Jerman Barat kembali masuk ke final, tapi takluk dari Cekoslovakia lewat drama adu penalti.
Der Panzer Lagi-lagi tembus ke babak final bahkan menjadi juara di Euro Italia 1980. Di final mereka mengalahkan Belgia 2-1. Ini adalah gelar kedua Jerman.
Di Euro 1992 Swedia, Tim Panser kembali menembus laga final. Tapi, Jerman takluk 2-0 dari Tim Dinamit Denmark.
Jerman membayar kegagalannya di Inggris. Gol emas Olivier Bierhoff di Euro 1996 membawa Jerman menang 2-1 atas Rep. Ceska. Ini adalah final kelima Jerman dan tiga kali gelar juara mereka rengkuh.
Kini di Euro 2008, Jerman kembali menembus final. Mampukah Der Panzer manambah gelar juaranya menjadi empat kali, di final keenam mereka?

AddThis Social Bookmark Button

0 komentar: to “ Final keenam Jerman

Design by SkinDols